Ini Hasil Peninjauan Kesiapan Hotel, Dapur dan Faskes Haji

Peninjauan Hotel Jamaah Haji 2025 dok.kemenag
JAKARTA — Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji (BP Haji), Dahnil Anzar Simanjuntak, memastikan kesiapan layanan bagi jamaah haji 1446 H/2005 Indonesia di Arab Saudi pada Sabtu (26/4/2025). Dahnil Anzar Simanjuntak memantau kesiapan akomodasi hotel, layanan konsumsi, hingga fasilitas kesehatan.
“Hari ini saya berada di daerah Syisyah untuk melakukan pengecekan akomodasi hotel bagi jemaah Indonesia, tepatnya di Emaar Al Diyafa Hotel. Di hotel ini akan menampung sekitar 2.500 jemaah haji Indonesia selama berada di Mekkah,” kata Danhil dikutip dari laman Kemenag.
Di samping itu, Kepala Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia di Arab Saudi, Nasrullah Jasam, serta pejabat BP Haji turut mendampingi kesiapan haji.
Selain Emaar Al Diyafa, Dahnil juga mengunjungi Rabieh Hijazi Hotel yang akan menjadi tempat bermukim sekitar 380 jamaah, yakni satu kelompok terbang atau Kloter. Kawasan Syisyah dipastikan menjadi salah satu area akomodasi utama bagi jamaah haji Indonesia sepanjang musim haji.
Setelah meninjau akomodasi, Dahnil berkunjung ke Kitchen Bin Marta di kawasan Jabal Nur, Mekkah. Dapur ini menjadi salah satu penyedia yang akan melayani kebutuhan konsumsi bagi jamaah selama di Mekkah. Dahnil memeriksa kesiapan fasilitas dan kualitas dapur untuk memastikan layanan konsumsi yang akan diberikan kepada jamaah Indonesia.
Selanjutnya, kunjungan kerja ini diakhiri dengan peninjauan ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di wilayah Aziziyah Selatan, Makkah. KKHI akan menjadi pusat layanan kesehatan bagi jamaah Indonesia selama berada di Makkah. Dahnil memastikan kesiapan sarana dan prasarana layanan kesehatan agar mampu memberikan pelayanan terbaik untuk para tamu Allah.
“Kami ingin memastikan seluruh layanan, mulai dari akomodasi, konsumsi, hingga kesehatan, sudah siap dengan kualitas terbaik demi kelancaran dan kenyamanan jemaah haji Indonesia,” ucap Dahnil.