25 Juni 2025

Toyota – Astra Perkuat Kemitraan Bisnis Mobil Bekas

0
Foto 1 (2)

OLXmobbi dok.astra

JAKARTA — Toyota Motor Asia (TMA) memutuskan untuk membeli 40 persen saham di Astra Digital Mobil (ADMO). Keduanya memperkuat kemitraan strategis dan memperluas kolaborasi di bisnis mobil bekas.

“Kami secara terus menerus melakukan optimalisasi terhadap bisnis inti kami dan sekaligus aktif berinvestasi pada bisnis yang memiliki skala yang dapat ditingkatkan dan peluang pertumbuhan yang tinggi,” kata Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, dalam keterangan tertulisnya.

Adapun pembelian TMA dilakukan melalui pembelian saham baru dan saham existing, dengan nilai total sebesar 120 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 2 triliun. Setelah transaksi ini terjadi, Astra melalui PT Astra Digital Internasional (ADI) tetap memiliki kontrol atas ADMO dengan kepemilikan saham sebesar 60 persen.

“Pasar mobil bekas di Indonesia sebagian besar masih terfragmentasi, sehingga memiliki potensi besar untuk menciptakan nilai dalam skala yang juga besar. Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk berinovasi, memberikan aksesibilitas dan solusi mobilitas terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” ucap Djony.

Adapun ADMO memiliki OLX.co.id dan OLXmobbi, melalui anak perusahaannya. Sementara OLX.co.id merupakan salah satu platform iklan baris digital terbesar untuk jual beli barang bekas dan jasa di Indonesia. OLXmobbi merupakan bisnis mobil bekas yang menggunakan model online-to-offline

“Astra merupakan mitra terpercaya dan mitra lama kami, dan kami senang dapat memperluas kolaborasi lebih jauh melalui kemitraan ini. Toyota memiliki visi ‘Mobility for All’, bisnis mobil bekas dan mobilitas memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan dalam mewujudkan visi kami. Kami yakin bahwa kami dapat melanjutkan komitmen yang sudah dijalankan selama lebih dari 50 tahun untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui kemitraan ini,” ucap Deputy Chief Executive Officer Toyota Motor Asia, Hao Quoc Tien.

Di samping itu, ​​kolaborasi ini disebut menambah tonggak sejarah dalam kemitraan yang terus berlanjut antara Astra dan Toyota. Dengan memanfaatkan ekosistem otomotif Grup Astra yang komprehensif serta teknologi dan jaringan luas yang dimiliki oleh Toyota, ADMO dapat memodernisasi sektor mobil bekas dan memperluas akses untuk pelanggan di Indonesia dalam mendapatkan kendaraan berkualitas, layanan pembiayaan, asuransi dan layanan purnajual di seluruh Indonesia.​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *