Perjalanan 25 Tahun Teknologi Hybrid Honda
JAKARTA — Honda merayakan 25 tahun pencapaian istimewa dalam mengembangkan teknologi hybrid di dunia otomotif global pada 2024. Hal ini dimulai setelah peluncuran mobil pertama hybrid Honda di Eropa pada 1999 melalui Honda Insight, yang menjadi awal dari perjalanan inovatif Honda dalam menciptakan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.
Dalam keterangan tertulisnya, teknologi mesin hybrid Honda terus dikembangkan dan disempurnakan dengan berfokus pada pengembangan mesin yang efisiensi dan bertenaga, sambil tetap mempertahankan fun to drive yang menjadi ciri khas Honda. Hingga saat ini teknologi hybrid telah diterapkan pada mobil produksi massal seperti Honda Jazz, Civic, HR-V, ZR-V, dan CR-V yang semuanya dilengkapi dengan powertrain dua motor e:HEV dan juga disematkan pada mesin mobil balap Honda di ajang Formula 1.
Di samping itu, teknologi mesin hybrid Honda untuk mobil produksi massal ditandai dengan diperkenalkannya Honda Insight generasi pertama, yang menggunakan mesin hybrid dengan sistem IMA (Integrated Motor Assist) pada 1999. Sistem hybrid IMA membantu kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih efisien. Sistem hybrid IMA diterapkan pertama kali pada Honda Insight dan kemudian Honda CR-Z yang merupakan mobil Sport Hybrid Honda yang pernah dipasarkan di Indonesia.
Selanjutnya, inovasi teknologi sistem hybrid IMA kemudian bertransformasi menjadi intelligent Multi Mode Drive (i-MMD), di mana sistem dual motor powertrain (baterai dan mesin) bekerja secara bersamaan dan saling mendukung. Kinerja dari teknologi ini kemudian menghasilkan akselerasi yang bertenaga namun juga tetap halus dimana efisiensi bahan bakar dapat dimaksimalkan. Sistem i-MMD diterapkan pada Honda CR-V Hybrid generasi lima, Honda Accord Hybrid generasi sepuluh.
Sistem i-MMD kemudian dikembangkan lagi menjadi e:HEV dimana kinerja motor listrik bekerja lebih dominan untuk menggerakkan mesin. Sistem e:HEV juga menghadirkan pengalaman berkendara, serta efisiensi bahan bakar dan juga tingkat emisi yang sangat rendah. Saat ini, Honda telah memiliki berbagai lini mobil yang menggunakan teknologi hybrid e:HEV seperti Honda Fit (Jazz), City, Civic, Vezel (HR-V), ZR-V, Odyssey, Step WGN, CR-V dan Accord. Honda telah memperkenalkan teknologi e:HEV untuk dua model flagship nya yaitu Honda CR-V dan Honda Accord pada tahun 2023.
Sistem teknologi hybrid Honda lainnya yaitu three-motor Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) dihadirkan Honda pada generasi kedua Honda / Acura NSX di mana mobil supercar Honda tersebut mempunyai sistem kerja powertrain tiga motor. Sistem SH-AWD pada generasi kedua Honda / Acura NSX menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, efisiensi bahan bakar serta tingkat emisi yang rendah.
Perjalanan teknologi sistem hybrid Honda hadir pada generasi terbaru Honda Prelude yang hadir dalam desain yang penuh gaya serta dinamis. Honda Prelude Concept menjadi mobil berteknologi hybrid terbaru yang akan mulai dijual dan diproduksi massal pada 2025. Mobil ini diharapkan dapat menghadirkan keseimbangan antara kenikmatan berkendara dan efisiensi bahan bakar.
Hal ini sejalan dengan komitmen jangka panjang Honda terhadap strategi elektrifikasinya. Honda Prelude Concept diluncurkan pertama kali di dunia pada ajang Japan Mobility Show 2023 di Jepang. Mobil ini kemudian ditampilkan di ajang Goodwood Festival of Speed di West Sussex, Inggris Raya pada Juli 2024.
Selain untuk mobil produksi massal, teknologi hybrid Honda juga dikembangkan sebagai powertrain di ajang balap Formula 1. Honda mengembangkan teknologi mesin turbo hybrid di ajang balap Formula 1 sejak 2015 di mana sistem hybrid bekerja untuk menghasilkan daya tambahan serta daya regeneratif pada unit daya mesin turbo. Teknologi mesin turbo hybrid Honda di Formula menghasilkan gelar juara pembalap sebanyak tiga kali (2021, 2022, 2023) yang diraih oleh Max Verstappen dan gelar juara dunia konstruktor sebanyak dua kali (2022 & 2023) oleh tim Red Bull Racing.